Mengenal Manfaat mengkonsumsi Kopi Arabika

Manfaat mengkonsumsi kopi arabika - Kopi arabika merupakan salah satu jenis kopi yang memiliki rasa yang khas dan banyak diminati oleh banyak orang. Kopi yang berasal dari Etiopia sekarang telah banyak dibudidayakan diberbagai belahan dunia seperti Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India dan Indonesia. Kopi arabika memiliki biji kopi lebih besar dan cenderung berbentuk lonjong dan gepeng agak memanjang. Jenis kopi arabika tumbuh di daerah dengan ketinggian sekitar 700-1700 mdpl dengan suhu mencapai 16-20 derajat celcius.

5 Manfaat Si Hitam Arabika

Sahabat  sepertinya tidak akan lengkap memulai hari tanpa seduhan secangkir kopi hitam yang bukan hanya untuk memberikan sensasi tersendiri dari rasa dan aroma yang di sajikan oleh kopi tersebut. Dimana kopi sudah menjelma menjadi life style dari setiap orang.  Aroma wangi yang mirip aroma pencampuran bunga dan buah yang disuguhkan oleh kopi arabika membuat para penikmat kopi menjadikannya minuman favorit baik pada waktu sendiri bahkan rame-rame.

Tekstur kopi arabika sangat halus sehingga terasa lebih kental ketika dimulut. Memiliki rasa sedikit asam dan memiliki rasa pahit yang lebih dibanding kopi jenis lainnya. Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan rasa terbaik.  Kadar kafein yang ada pada kopi arabika berkisaran antara 0,8%-1,4%, kafein lebih rendah dari jenis kopi lainnya.

Selain mempunyai aroma yang nikmat, si hitam peredam kantuk kembali membuktikan sebagai minuman kaya khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh Sahabat

Menjaga kesehatan mulut
Sifat anti bakterial pada kopi arabika sangat bagus utuk membersihkan mulut para Sahabat. Dimana dapat mempercepat penyembuhan gigi yang berlubang, infeksi gusi bahkan untuk pembersihan plak yang ada dimulut.

Penambah stamina
Kandungan zat kafein yang dimiliki kopi membuat kinerja sel menjadi bergerak lebih pelan dari biasanya sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

Menambah mood
Meminum kopi merupakan salah satu hal yang baik untuk menenangkan pikiran Sahabat agar lebih rileks dan santai. Selain peningkat semangat seseorang, kopi juga memberikan kolerasi kebahagiaan pada penikmat kopi.

Mengurangi resiko diabetes
Kandungan zat asam klorogenat pada kopi arabika mempercepat kinerja dalam pertumbuhan pembentukan insulin. Penyakit diabetes dapat diturunkan 50% berkat manfaat kopi arabika, hal ini telah dibuktikan oleh para ahli.

Mencegah kanker
Penelitian yang dilakukan di jepang bahwa wanita yang sering mengonsumsi kopi 2 kali sehari. Untuk mengidap kanker usur besar akan berkurang-kurang 25%.

Sahabat pencinta kopi, pasti sudah mengetahui bagaimana cara menikmati seduhan kopi dengan aroma yang sangat menggugah selera dan kaya akan manfaatnya. Cita rasa yang di utamakan oleh para penikmat kopi, soal rasa kopi arabika memiliki rasa yang beragam dari rasa manis dan lembut hingga rasa kuat dan tajam sebelum disangrai, aroma yang dimiliki seperti blueberry, setelah disangrai biji kopi arabika beraroma buah-buahan dan manis.

Sahabat jika ingin menikmati rasa asli dari kopi arabika dimana kopi arabika memiliki karakter rasa dan aroma yang kuat, sebaiknya disajikan sebagai single kopi origin agar tidak mengurangi keaslian dari kopi tersebut.

Rasa yang ditimbulkan oleh arabika membuat para pencinta kopi ketagihan akan rasanya yang khas dan araomanya yang khas. Ada beberapa varietas kopi arabika yang sedang dikembangkan di Indonesia yaitu kopi arabika jenis Typical, Abyssinia, jenis Pasumah, jenis Marago dean jenis Congensis. Kopi arabika memiliki banyak varietas tergantung negara iklim dan tanah tempat ditanam. Rasa cinta akan kopi arabika tidak hanya bisa menikmati aromanya saja tapi Sahabat mendapatkan manfaat dari nikmat kopi tersebut. Selamat menikmati si hitam arabika
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: