Timnas U-18 Luluh Lantak oleh Vietnam U-18

Kegemilangan timnas Indonesia pada Piala AFF U-18 harus terhenti di laga ketiga. Garuda Nusantara, kalah tiga gol tanpa balas dari Vietnam di Stadion Thuwunna, Yangon, Senin (11/9).

Ini merupakan kekalahan perdana yang dialami timnas Indonesia. Setelah sebelumnya mereka mampu menang 2-1 dari Myanmar, dan membabat Filipina 9-0. Akibatnya, mereka harus puas menempati posisi kedua klasemen tertinggal tiga poin dari Vietnam yang ada di pucuk.

Babak pertama

Timnas Indonesia langsung menekan sejak menit awal pertandingan dimulai. Sejumlah peluang mereka ciptakan dengan dimotori Egy Maulana Vikri serta Muhammad Iqbal ke jantung pertahanan.

Namun, rapatnya lini pertahanan Vietnam yang digalang Thai Ba Sang dan Bui Hoang Viet Anh membuat pemain timnas Indonesia kesulitan cetak gol. Skuat asuhan Hoang Anh Tuan secara tenang menghalau peluang yang ada.

Vietnam bermain dengan tempo yang lambat. Mereka lebih banyak menunggu datangnya bola kemudian melancarkan serang cepat lewat sisi sayap.

Pada menit 37, timnas Indonesia harus menarik keluar kiper andalannya Muhammad Riyandi. Pemain Barito Putera tersebut tak bisa melanjutkan laga karena mengalami cedera usai menepis tendangan bebas.

Posisi yang ditinggalkan Riyandi diisi oleh Muhammad Aqil Savik. Namun, Savik harus rela gawangnya dijebol pada menit 41. Adalah Le Van Nam yang membuka keunggulan Vietnam.

Tertinggal satu gol membuat timnas Indonesia meningkatkan tempo serangannya. Akan tetapi, malah Vietnam yang kembali cetak gol. Lagi-lagi Van Nam yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 45. Keunggulan 2-0 buat Vietnam bertahan hingga turun minum. 

Babak kedua

Usai jeda timnas Indonesia yang ketinggalan dua gol langsung tancap gas. Pasukan Garuda Nusantara membombardir barisan belakang Vietnam agar bisa memperkecil keadaan di awal babak kedua ini.

Sayangnya, upaya yang dilakukan Rachmat Irianto dan kolega selalu gagal ketika coba memasuki kotak penalti. Para pemain Vietnam bermain tegas dengan menekel atau membuang bola setiap kali timnas Indonesia mendekati tempat tersebut.

Egy yang pada laga sebelumnya bermain gemilang kini tak terlihat. Pesepakbola asal Medan ini mendapatkan kawalan ketat dari Vietnam dengan tak memberikan ruang gerak sama sekali terhadap Egy.

Pada menit 56, timnas Indonesia menarik keluar Hanis Saghara dan memasukkan Witan Sulaeman. Kehadiran Witan membuat Egy mengubah posisinya yang tadinya di sayap menjadi false nine.

Usaha demi usaha yang dibangun timnas Indonesia tidak membuahkan hasil. Para pemain Vietnam tak terpancing dengan permainan cepat yang diperagakan armada Indra Sjafri hingga 15 menit waktu normal tersisa.

Vietnam kembali memperlebar jarak dari timnas Indonesia. Pada menit 86 Bui Hoang Viet Anh menubah skor jadi 3-0. Keunggulan tersebut terus bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim

Indonesia: Muhammad Riyandi, Rifad Marasabessy, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Firza Andika; M Luthfy, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Muhammad Iqbal, Hanis Saghara.

Vietnam: Ye Li Nie, Thai Ba Sang, Bui Hoang Viet Anh, Lie Quang Vinh, Pham Van Luan, Le Van Xuan, Tran Van Cong, Tran Bao Taon, Truong Tien Anh, Le Van Nam, Le Xuan Tu.
sumber : Goal.com
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: